Q : Menurut tante, remaja yg dewasa ituu yg sifat & sikapnya kyk gmn? thankyouu

A : Sifat atau sikap dewasa itu sebenernya gak tergantung umur, …banyak orang yang dah tuir tapi sifatnya masih childish.

Ini beberapa sifat yang dewasa ( mature) :

1. Bertanggung jawab . Jadi misalnya kalo dikasih kepercayaan atau tugas, dia bakal selesain sampe tuntas dan bener. Paling enak liatnya kalo kerja kelompok, kalo ada yang udah dibagi tugas, terus dia udah bilang “OK” atau “BISA”, nah kalo pas batas waktu dia bilang “gua gak bisa…bla bla.” itu artinya masih kaya anak-anak umur 10 thn. Kalo dia bilang “gara-gara si anu bla bla bla…gara-gara…bla..bla..bla..” itu kaya anak-anak umur 7 thn lah suka nyalahin orang lain / keadaan. Lebih parah kalo dia bilang…”LUPA” , nah itu kaya anak balita. Paling parah kalo dia..bengong…pake muka innocent..apalagi matanya sambil gede dan senyum…itu antara dia super kanak-kanak atau dia LEMOT PARAH!

2. Bisa kendaliin emosi. Dalam segala situasi , entah marah, sedih, atau happy, dia gak akan meledak-ledak atau lebay. Dia bisa kontrol comment-comment nya, bisa kontrol suara dan sikapnya, jangan sampe ganggu orang lain. Kaya anak kecil kalo lagi marah atau happy, bisa teriak2 gak karuan even di dalam gereja yang semua orang lagi hening. Harus bisa Stay calm, stay cool. Paling keren kalo dia bisa kendaliin atau nenangin orang lain yang lagi marah-marah.

3. Pikir panjang. Jadi engga “gimana nanti” . Kalo dia ambil keputusan, itu karena dia tau akibatnya dan gimana caranya. Dia punya prinsip jadi gak gampang bingung terus kebawa2 sama orang lain. Kalo ditanya alasannya dia bisa jawab. Bisa tegas juga. Banyak anak2 yang asal jawab supaya cepet beres, atau yang gampang janji biar keinginannya dituruti, tanpa pikir panjang gimana akibatnya.

4. Engga egois. Dia bisa taro kepentingan orang lain di atas kepentingan dia sendiri. Kalo anak kecil kan mikirnya apa2 buat dia sendiri. Dia juga terbuka untuk terima masukan dan kritikan, terus mau berubah biarpun susah. Dia juga bisa menyesuaikan diri dimanapun juga, ngehormatin aturan yang ada. Biasanya kalo remaja yang merasa bangga kalo ngelanggar aturan, itu artinya dia belum dewasa…

5. Mandiri. Jadi dia gak terus bergantung sama orang lain, walaupun bukan berarti dia gak butuh orang lain. Gak ada istilah ” I can’t live without you” jangan mau sama yang gini…, lebih keren yang ngomong “I can live for you”

Sifat dan sikap remaja yang dewasa

| All About Teen | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.