Buat kamu yang saat ini duduk di kelas 3 SMA atau kelas 12, biasanya jauh-jauh hari kamu sudah harus memutuskan, dimana kamu akan melanjutkan sekolah. Perguruan Tinggi mana yang mau kamu tuju, jurusan kuliah apa yang mau kamu ambil sesuai minat dan bakat kamu.

Biasanya hal ini cukup bikin kamu galau. Apalagi kalau setelah kamu memutuskan jurusan kuliah apa yang menjadi minat kamu, ternyata orang tua mempunyai pilihan yang berbeda dengan apa yang kamu inginkan.

Janganlah hal ini membuat kamu tambah galau, lalu mengambil keputusan yang salah, atau bahkan bertengkar dengan orang tua.

Langkah apa yang harus kamu lakukan jika jurusan pilihan kamu berbeda dengan jurusan pilihan orang tua?

1.Dengarkan Penjelasan Orang Tua.

Orang tua biasanya memiliki pengalaman yang lebih banyak, baik dari pengalaman pribadi, maupun pengalaman teman-temannya. Mereka sudah melihat keberhasilan maupun kegagalan dari apa yang dialami mereka sendiri atau orang lain. Ada baiknya kamu mendengarkan alasan dan penjelasan mereka terlebih dahulu.

2.Mencari Informasi Untuk Membandingkan Pilihan Ortu dan Pilihan Kita.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya, baik untuk pilihan ortu, maupun pilihan kamu, melalui internet atau melalui media lainnya. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, kamu bisa menginformasikan juga ke ortu. Setelah mendengarkan informasi dari kamu, mungkin ortu akan berubah pikiran, karena jurusan dan program studi  jaman ortu mungkin berbeda dengan jaman kamu, sehingga mereka juga bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan kemudian berubah cara pandangnya.

3.Minta Bantuan Perantara atau Pihak Ketiga

Ajaklah orang tua kamu untuk bertemu dengan perantara atau pihak ketiga yang bisa menjelaskan dengan lebih baik, contohnya agen universitas. Atau kalau memungkinkan, lebih baik lagi kalau kamu bisa mengikuti test minat dan bakat yang disertai dengan konsultasi mengenai jurusan-jurusan up to date yang sesuai dengan kamu.

Mudah-mudahan dengan melakukan langkah-langkah ini, orang tua kamu akan memiliki pandangan yang lebih terbuka mengenai berbagai jurusan kuliah, dan apa yang menjadi minat dan bakat kamu. Atau sebaliknya, bisa jadi, kamu yang berubah pemikiran, untuk mengikuti apa yang jadi pilihan orang tua kamu, setelah kamu juga mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari berbagai pihak.

Semoga pada akhirnya, jurusan yang kamu pilih adalah yang terbaik untuk kamu, dan kamu dapat menjalani masa kuliah dengan penuh semangat.

Pilihan Kuliah Berbeda Dengan Pilihan Ortu

| All About Teen, Blog | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.