Jurusan Kuliah Tidak Sesuai Minat dan Bakat


(Q) : Auntie, gimana kalo di tengah jalan (udah semester 5) kita ngerasa jurusan kuliah yg kita pilih nggak sesuai minat,bakat,kemampuan kita dan kita nggak mau berkarir dng profesi sesuai jurusan? Kalau dipaksa terusin aja dengan nilai pas2an lulus (C+, B-), setelah lulus kita bisa pilih profesi di luar jurusan gak?


(A) : Nah, coba pertama-tama, kamu pikirkan dulu, rencananya di masa depan itu mau usaha sendiri, kerja, atau profesi? Kalau kamu mau jadi pengusaha, maka jurusan kuliah yang kamu pilih sekarang ini memang tidak akan berpengaruh secara langsung terhadap keberhasilan kamu. Jadi yang musti kamu lakukan adalah segera lulus dari jurusan itu, tentu saja harus berusaha mendapat nilai yang bagus, karena apa yang kamu pelajari sekarang ini, pasti tetap akan membentuk pola berpikir kamu, juga jadi salah satu investasi kamu.

Tapi, kalau kamu punya cita-cita untuk menjalani sebuah profesi atau bekerja dengan keahlian tertentu, maka sudah pasti kamu memang harus pilih jurusan yang sesuai dong. Misalnya jadi dokter, akuntan, arsitek, gak mungkin kan kalo jurusan yang kamu ambil teknik sipil. Jadi memang perlu dipertimbangkan untuk segera ganti jurusan.

Pilihan terakhir adalah kalau kamu berniat untuk kerja, maka mungkin kamu bisa cari pekerjaan yang umum, yang tidak membutuhkan keahlian khusus. Misalnya di bidang marketing, perbankan dan sejenisnya, dimana keahliannya dapat dipelajari setelah kamu lulus kuliah, dengan mengambil pelatihan2, belajar sendiri atau mengambil S2 di bidang tersebut. Misalnya untuk Magister Management maka apapun jurusan S1 yang kamu ambil, kamu bisa meneruskan ke jenjang tersebut. Tentu saja, nilai kamu di S1 tetap berpengaruh.

Semoga ini menjawab pertanyaan kamu yah

Jurusan Kuliah Tidak Sesuai Minat dan Bakat

| All About Teen, Problem | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.